Minggu, 19 Januari 2014

Hujan dan kenangan yang liar

Selamat malam Indralaya. Ini post pertama gue setelah balik lagi ke Indralaya atau akrab dipanggil "Layo". Sebenernya gue lagi bingung banget mau ngapain malam ini. Gue gak tau mau ngapain. Stelah sampe di Layo gue gak tau kegiatan apa yang mesti dilakuin. Selama hampir 1 hari lebih dikit gue di Layo gue belum ngapa - ngapain. Kerjaan gue paling online, nonton, ngegame, dan lain - lain. Emang sih itu kegiatan, tapi itu kegiatan kalo gue lagi bingung. Posting ini aja gue bingung mau posting apa, walaupun sbenernya sih gue udah banyak banget dapat ide selama di Muara Enim kemaren. Iya tempat gue dibesarkan.

Entah kenapa pas di Layo gue kepingin liburan lagi. Sekarang gue yang masih angetnya jadi mahasiswa ini sudah harus mulai merantau lagi. Iya walaupun enggak jauh sih cuma 150 KM - an lah dari kota kecil unyu gue. Tapi tetap aja namanya jauh dari rumah kan ? Iya kan ?

Gue tiba - tiba keinget pas liburan kemaren, dimana pas liburan kemaren suasana disana di Muara Enim sangat mendung dan sangat labil. Iya beneran labil banget. Kadang langit cerah tiba - tiba ujan deres banget. Kadang udah mendung galau kita eh taunya cuma gerimis plus angin doang. Pernah juga disekitar komplek rumah gue ujan deres eh dibagian pusat kotanya malah enggak kadang juga kebalikannya.

Pernah gara - gara cuaca dan hujan labil itu gue jadi kayak orang bodoh. Waktu itu gue keluar nyari makanan buat dimakan ( sangat jelas). Gue kepasar gitu kan nyari makanan. Udah nyari makan gue rencananya mau langsung pulang, eh pas dijalan mau pulang tiba - tiba sesuatu dari langit jatuh. Aer. Itu artinya hujan. Emang gak deres sih, tapi cukup buat gue keliatan basah. Karena ngerasa emang hujannya gak terlalu deras ya gue terobos aja lanjut jalan pulang. Hasilnya gue jadi lumayan basah. Gak disangka - sangka pas gue udah sampe dideket SMA gue dulu ternyata disana gak ujan, dan cuaca disana cerah abis. Orang - orang pada heran gitu kan ngeliatan gue, pasti banyak banget yang mikir "ini anak abis keujanan dimana cerah gini" ada juga yang mikir "ini kayaknya dia gak punya handuk abis mandi langsung pergi" atau yang mikir gini "wah dia ganteng banget kena aer hujan gitu" Oke skip gak usah dibahas.

Hujan yang labil. Gara - gara itu gue beneran ngerasa "Like a donkey" dimata orang yang padahal nganggep hal itu biasa. Gue aja mungkin yang terlalu banyak mikirnya.

Hujan

Hujan. Sesuatu yang bisa jadi sangat indah atau bisa jadi hal yang sangat gak diinginkan kedatangannya. Gue disini gak mau ngomongin masalah orang yang jomblo sama yang pacaran. Dimana biasanya orang selalu bilang jomblo itu pengen banget hujan turun atau yang pacaran suka bilang "jangan hujan dong". Sebenernya itu hal yang dari sudut pandang yang belum diperluas kenapa ada yang menanti kehadiran hujan atau sangat tidak menginkan hujan.

Sebenernya sebagian orang yang "gak suka" hujan itu bukannya mereka gak suka hujan, tapi yang gak disuka adalah suasana yang disebabkan oleh hujan itu sendiri. Ya bisa juga oleh ngehambat kerjaan diluar yang harus diselesaikan.

Nah kenapa gue bilang orang benci suasana saat hujan itu turun, karena suasana saat itu bisa membangkitkan kenangan yang mungkin sudah sangat lama dikubur malah keluar dan bangkit lagi dengan sangat liar. Bangkit dengan cara merasuki pikiran kita untuk terus mengingatnya dan menyempurnakan visualnya.

Saat hujan turun kita bisa menjadi seseorang yang ngerasa sendirian. Apalagi kalo hujan itu lo benera sendirian ini bakalan menambah rasa sendiri itu semakin besar. Saat merasa suasana sendirian itu muncul, kita mulai mengingat sedikit demi sedikit kenangan yang  ingin kita ulangi atau sesuatu yang ingin dibuat ada lagi sekarang. Kenangan dimana ada sesuatu didalamnya yang belum puas kita rasain senangya, bahagianya, atau bahkan sedihnya.

Kenangan - kenangan saat hujan itu pertama muncul mula - mula seperti kepingan kecil yang hanya sedikit terbayang di otak kita dengan visual yang belum terlalu jelas. Perlahan - lahan kita merasa tidak puas dengan hanya bagian kecil dari kenangan itu yang kita bayangkan. Kemudian kita mulai lagi dengan hal yang lebih spesifik lagi. Hal apa saja yang ada disanan, bahkan detail terkecil pun aka kita usahakan untuk mengingatnya.

Kenangan - kenangan yang muncul itu biasa datang dari hal yang sangat kita rindukan atau sesuatu yang mungkin susah buat diwujudkan saat ini. Susah diwujudkan saat sekarang ini. Semisal kalo kalian flashback sama mantan kalian dulu yang kalian anggap udah beneran kalian lupain eh malah keinget lagi. Tapi itu gak mungkin atau agak susah buat dilakukan lagi sekarang. Susah buat ngelakuin hal yang sama kayak dulu lagi.

Itu tadi hal yang biasa terjadi kalo dalam dunia "abstrak" yaa.
Nah kalo yang dialami oleh anak - anak rantauan atau orang - orang yang sekarang sedang pergi jauh dari rumah kenangan yang paling diinget itu yaa "Keluarga".

Saat hujan turun tiba - tiba ingatan tentang keluarga itu muncul dengan sangat liar membuat kita beneran merindukan kehangatan kumpul bersama keluarga. Apalagi disaat hujan seperti ini. Kita bakalan mengingat detail bagaimana saat kita bersama dengan orang - orang didalam rumah kita, bagaimana suara mereka, candaan mereka, saat kita tertawa dengan hal - hal kecil, saat kita mengomentari hal sepele atau kehangatan yang sangat susah didapat dimanapun. Semuanya bakalan terbayang dan tergambar sangat jelas. Semuanya bakalan sangat terasa jelas.


Tapi saat kalian sadar dari bayangan kenangan kalian itu kali bakalan tau kalo semua itu semu. Iya semu karena kita sekarang untuk sementara waktu jauh dari mereka, karena untuk sementara waktu kita sedang enggak sama - sama mereka. Kita bakalan ngerasa sangat hampa dan merasa sangat kurang waktu bersama mereka. Kenangan itu perlahan memenuhi otak kita, membuat keinginan bersama mereka sangat besar. Tapi sekal lagi kita sadar, untuk sementara waktu kita tidak bisa melakukannya.

Hujan. Sekali lagi hujan bisa membangkitkan kenangan yang sangat kita inginkan ada sekarang muncul dengan sangat liar. Hujan bukan sekedar persoalan jomblo atau taken yang sedang sibuk dengan yang "ngetake" mereka. Eh kok tiba - tiba gak enak istilahnya. Skip.

Entah kenapa gue ngerasa postingan kali ini gue agak beneran. Tapi yang jelas kenangan denga keluarga itu benar - benar sangat kita inginkan untuk terus ada.

8 komentar:

  1. Bacain dong,, gua males baca men

    BalasHapus
  2. nice post sob,
    keluarga adalah segala...

    BalasHapus
  3. Inget keluarga jadinya :D
    biasanya inget keluarga itu kalau lagi termenung, atau ngelihat adek yang buat status di FB. :D

    btw, soal hujan lokal. pernah juga tuh gue ngalamin. Bedanya gue gak sempet basah, tapi sempet di kejer2 gitu aja sama hujan nya, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe apalagi kalo liat anak yg seumuran adek kita. Wuihh nambah kangenbanget.

      Lebih serem jg kejerkejeran sama hujan hahhaa

      Hapus
  4. Iya. Anak rantau banget nih. Sering dapet cerita temen kalo lagi kejebak hujan di kosan temen. Pasti yang diceritain keluarga dulu. Hehe. Biasanya cewek sih.

    BalasHapus

Kalo udah puas bacanya silahkan berkomentar. Satu komentarmu itu sama dengan ribuan bahkan jutaan semangat AndherlyanRW menggelinjang buat nulis dan update blog ini ~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...