Minggu, 01 Juni 2014

Wisata Mengenyangkan

Dikejer Deadline itu emang gak enak banget yaa. Iya lah kayak gue sekarang ini rasain, dikejer deadline contest blog MDP hehe. Tapi walaupun dikejer - kejer gini gue harus ngasih yang terbaiklah.

Okeh sekarang kita kembali ke wilayah Palembang. Ya walaupun sebenernya dari kemaren - kemaren emang Palembang terus. Kali ini gue bakalan bahas sebuah wisata yang agak beda dari wisata - wisata pada umumnya. Iya wisata kali ini bukan mengenai Pemandangan yang Indah, bukan mengenai sinar matahari dan langit yang cerah, atau suara angin dan air yang menyatu berirama. Tapi kali ini wisata yang beda.

Wisata seperti apakah itu ? Kalian tau apa itu ? Iya seperti yang kalian liat di Judul tulisan gue kali ini, wisata yang mengenyangkan. Beda kan ? Jelas, wisata ini bukan untuk kepuasan batin aja. Tapi untuk kepuasan perut juga. Namanya adalah wisata kuliner. Trak dung dung cess..

Tapi tapi tapi, ada tapinya lagi nih. Karena kita wisata kuliner bukan berarti gue mau ngajakin kalian semua makan beragam makanan yang enak - enak ya bukaaan. Gue hanya mengajak kalian makan satu jenis makanan yang beragam bentuknya atau jenisnya juga. Ngerti gak ? ah gitu aja lo gak nyampe.

Karena gue orang Palembang dan emang Palembang itu asik banget jadi kali ini gue mau ngajakin kalian buat tau Wisata Kuliner yang tersebar di seluruh Palembang dengan makanan khasnya yang sudah dikenal semua manusia. Iya itu adalah PEMPEK. Kalian tau pempek ? Atau empek - empek ? Tentunya tidak asing lagi kan?!
Tapi, apakah kalian tau gimana sejarah pempek itu ? Gak banyak orang tau loh sejarah pempek itu gimana. Bahkan gue aja yang udah ampir 14 tahun hidup gue ( Umur 1 - 5 tahun gak dihitung, masih balita gak boleh ) makan pemepk baru tau sebulan yang lalu sejarah pempek itu gimana. Ya lebih baik telat daripada enggak tau sama sekali kan.

Jenis - jenis Pempek

Jadi sejarah pempek itu berasal dari orang - orang Cina yang merantau ke Palembang gitu sob, sekitar abad ke -16. Nah abad itu gue rasa kita belom lahir deh kayaknya. Jadi adanya pempek ini udah lama banget ya.
Nah menurut cerita dari rakyat sekitar ada seorang "apek" ( apek ini untuk orang tua keturunan Cina ) yang udah umur 60 - an tinggal di deket perairan sungai Musi yang ngerasa prihatin gitu ngeliat banyak hasil tangkapan ikan yang kalo diliat emang belom di manfaatin sepenuhnya pada zaman itu ( zaman jauh kita belom dibuat ). Dia ngeliat ikan - ikan hasil tangkapan itu hanya sebatas di goreng dan dipindang ( kalo zaman kita mah udah gue pepes kali yaa ).

Ikan Berlimpah
Karena ngeras prihatin tadi si "apek" ini tadi nyoba - nyoba buat alternatif lain ngelola ikan hasil tangkapan itu menjadi sebuah makanan yang baru. Ikan - ikan yang banyak tadi digiling kemudian dicampurkan dengan sagu atau tepung tapioka dan adonan lainnya, sehingga dihasilkan makanan baru. Kemudian makanan baru itu dijajakan keliling kota Palembang gitu oleh si "apek" tadi. Dan nama pempek itu berasal dari "apek" ini tadi yang dipanggil oleh pembelinya. Manggilnya gini, "pek... Apeekk". Nah sejak saat itu makanan olahan tadi dinamain pempek.

Sejenak gue bayangin, beruntung banget ya yang nemuin pempek itu si "apek" tadi. Coba kalo yang buat pertama dan menjajakannya itu gue yang puya nama dan dipanggil "andher" mungkin nama makanan yang disebut pempek ini jadi "Ndedher" kali ya. Jadi kesan makanannya agak gak asik juga. Sejarah bisa sangat berubah kali.

Itu tadi kan sejarahnya "pempek" tadi. Nah sekarang saatnya gue fokusin yang namanya Wisata Mengenyangkan kita tadi. Wisata yang mengenyangkan ini bisa kalian rasakan di semua bagian Kota Palembang ini. Setiap sudut kota Palembang pasti bakalan lo temuin pempek.

Wisata Kuliner ini gak memerlukan tempat khusus. Kalian bisa wisata mengenyangkan dengan pempek ini dimana pun di Kota Palembang ini.

Pempek itu banyak macamnya dan palin terkenal itu adalah pemepek kapal selam. Beeh kebayang kan gimana gede nya kapal selam ? Iya gede banget lah. Tapi pempek itu gak segede itu kok. Pempek kapal selam ini cukuplah dan gak berlebihan buat ngenyangin perut lo. Dan rasanya jangan ditanya lah, enak abis tentunya sob. ini penampakannya

Kapal Selam Sexy
Sexy gak tu meen ? Mantep bener kan kalo lagi laper sore - sore. Ditambah lagi dimakan sama temennya yang bernama "cuko". Oh iya cuko ini sendiri merupakan pelengkap saat makan pempek dan gak bisa dipisahkan. Kalo lo makan pempek tanpa cuko itu ibarat lo suka sama cewek tapi cewek itu gak suka sama lo. Gak enak.

Nah buat rasa cuko ini sendiri tentunya pedes dan agak manis sedikit. Pas banget sama si pempek ini sendiri. Oh iya, buat kalian yang gakbisa makan pedes alias cupu buat rasa pedes lo bisa pake cuko yang gak pedes. Sekarang cuko juga dibuat dengan rasa yang gak terlalu pedas buat para pengunjung yang cemen dengan rasa pedas itu sendiri.

Oh yaa buat yang terakhir, kalo lo mau beli pempek gak usah bingung ya sob. Pempek ini sendiri udah tersebar sangat banyak diseluruh bagian kota palembang ini sendiri. Jadi lo bisa nemuin nih makanan ajib disetiap tempat.

Okeh gue rasa cukup wisata kuliner kita yang mengenyangkan ini *ngunyah pempek*. Gue undur diri dulu, daaah ~

8 komentar:

  1. pempek palembang emang dari dulu udah terkenal enaknya. liat gambarnya bikin laper hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beeeh jelas banget emang pempek palembang itu enak banget. Laper? Langsung aja cari pempek broo

      Hapus
  2. Pempek di Samarinda juga menjamur sob, Jadi lafar gue liat foto si pempek-____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun di Samarinda udah menjamur, lo tetep harus ke palembang bro buat rasain pempek yg beneran pempek hahaa

      Hapus
  3. aydem, ngences dedek jingok kapal selem itu :D

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Kalo udah puas bacanya silahkan berkomentar. Satu komentarmu itu sama dengan ribuan bahkan jutaan semangat AndherlyanRW menggelinjang buat nulis dan update blog ini ~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...