Senin, 15 September 2014

Tebing Curam Sekolah

“Ah gak bener nih maennya kau ini ndher” sela salah satu temen gue pas lagi latihan. Kali ini gue salah lagi dalam ngikutin temponya. “kayaknya gue emang gak bakat di music” gerutu gue dalem hati.

Kurang lebih 3 tahun yang lalu tepatnya waktu gue duduk di bangku kelas 2 SMA, gue sempet punya band bersama 5 orang temen gue. Band yang kebentuk dari sebuah pagelaran seni yang diadakan sekolah. Ceritanya panjang sampai kebentuknya band ini sendiri.

Hari itu seperti biasa gue latihan band sama temen – temen gue, dan seperti biasanya kami latihan pas malem. Soalnya sekolah kami pulangnya sore dan gak mungkin kami bolos sekolah buat latihan band ini. Kalo gue ngelakuin itu sih bisa – bisa gue dipecat sebagai anak oleh emak bapak gue.

Kami mulai latihan selalu jam 8 malam dan kadang juga jam 9 malam kalau ada orang yang punya kepentingan buat recording atau latihan juga, dan biasanya itu bisa membuat kami pulang sangat larut malam. Gak jarang gue pulang hampir jam 12 malam terus tiap latihan. Untungnya gak tiap hari.

“Latihan malem ini cukup, kakak mau ngasih pengarahan buat kalian” terdengar suara yang gak asing dari luar studio.

Setelah mendengar beberapa penjelasan mengenai permain kami, dan sedikit kata semangat biar kami terus giat latihan kami pun pulang. Biasanya sebelum pulang kami sering ngobrol – ngobrol dulu dan itu memakan waktu yang cukup lama, bisa membuat malam semakin larut.

Malam ini gak kayak biasanya gue pamit duluan mau pulang, soalnya udah ngantuk banget dan emak udah nelponin nyuruh gue pulang. Ditambah lagi jarak dari rumah gue ke tempat latihan itu yang paling jauh diantara temen – temen gue.

“Bro gue duluan ya, udah ditelponin”
“Okedeh bro, ati – ati dijalan” seru temen – temen gue.
“eh besok jadi kan ? Subuh kita berangkat” temen gue yang satunya nimpalin
“Okeh siaaap”

Setelah pamitan sama rombongan, gue langsung memacu motor dengan agak terburu – buru, soalnya takut orang rumah udah pada tidur dan gue gak bawa kunci rumah. Selain itu jug ague harus siap siap buat pergi besok. Iya, besok rencanya gue sama dua bro gue itu mau pergi ke Palembang. Gak dalam rangka apa – apa sih mau jalan sekalian cari pengalaman gitu katanya.

Jalanan udah sangat sepi banget, di tengahkota aja sepi apalagi di komplek perumahan gue yang terbilang masih belum terlalu ramai. Bisa jadi Cuma gue orang yang masih berkeliaran jam segini.

Gue melewati rute yang biasa gue lewatin kayak malam – malam sebelumnya, dan juga gue harus ngelewatin 2 persimpangan yang keduanya adalah tebingan yang cukup curam dan mengapit sebuah sekolahan. Gue paling males lewat sini karena gelap banget. Gak tau kenapa di deket sekolah ini gak dikasih penerangan kayak lampu jalan. Sekalinya ada cahaya itu juga berasal dari lampu sekolahan itu yang juga sudah sangat redup. Bahkan untuk nerangin sekolah itu aja gak cukup.

Gue udah biasa ngelewatin jalan itu, jadi walalupun gelap dan kalaupun motor gue nanti gak ada lampunya, gue udah hapal jalan disitu.

Gak berapa lama kemudian gue sampai dirumah setelah ngelewatin tempat itu.
Badan gue rasanya capek banget, dan mata udah lima watt. Setelah bersih – bersih gue langsung kekamar dan langsung ngempasin badan kekasur. Gak berapa lama gue udah rileks banget dan tertidur.

Kriiiiiing.. Kriiiiiiing. Alarm gue mulai bunyi dan maksa mata gue buat kebuka.

Jam 4 pagi. Gue harus bangun sepagi ini buat pergi sama 2 bro gue, rasanya gue barusan mejemin mata mau tidur tapi udah bangun aja.
Setelah mengecek beberapa barang yang udah gue siapin di tas gue, gue pamitan sama emak gue.
“Beneran mau pergi pagi ini ?” Tanya emak gue dengan tatapan ragu. Ngeliat tatapan itu gue ngerasa janggal
“Hehe iyalah, kan udah siap – siap. Berangkat dulu ya” gue pamitan dan langsung cium tangan, gue nyoba buat gak menghiraukan kejanggalan yang gue rasain barusan.

Rencananya kami kumpul di terminal gitu, dan gue harus jalan kaki ke terminal yang jaraknya cukup jauh dari tempat gue. Gue sengaja gak minta anter karena kasian sama bapak lagi tidur, pamitan aja tadi gak enak bangunin emak.

Jalan kaki pagi – pagi emang sehat. Tapi gak sebelum subuh juga. Ditambah lagi ini jalan ke terminal yang jaraknya jauh, sekitar 5 kilometer lebih kali, gue gak bisa ngitung. Yang jelas ini nekat banget.
Satu hal lagi yang nekat dan fantastis banget. Gue harus ngelewatin jalanan dekat sekolah yang gelap itu.

Sekolah itu sekitar 300 meter lagi, dan sebelum ngelewatin sekolahan itu gue harus ngelewatin salah satu tebing yang ada disisi kanan gue, tepatnya kayak sebuah persimpangan yang berbentuk tebing. Curam.

Gak tau gimana gue ngerasa angin deres banget niup rambut gue. Anginnya deres banget kayak mau turun hujan gitu. Gue ngerapetin jaket gue karena udara tambah dingin oleh angin itu tadi. Pelan gue jalan karena masih ngantuk, ditambah lagi jalannya sangat gelap. Ternyata gue salah, gue gak hapal jalan ini kalo gelap.

Gue nyoba nengok kekanan kearah sekolah itu, gue ngeliat lorong – lorong kelas yang sangat sepi dengan lampu – lampu yang tidak cukup buat nerangin lorong itu, dan mati. Gue kaget, tiba – tiba lorong itu jadi gelap banget. Lampu – lampu yang redup tadi dengan serentak mati semua.
Gue narik nafas panjang, gue masih mikir positif, kali aja itu dimatiin penjaga sekolah itu. Tapi tiba – tiba gue denger suara lolongan anjing yang sangat panjang dari hutan disisi kiri gue, tepat didepan sekolah itu. Gue mulai sedikit merinding, gue agak mempercepat langkah gue melalui sekolah itu dan gue harus ngelewati satu lagi dari dua tebingan curam yang mengapit sekolah ini.

Tebing itu gelep banget, dengan langkah yang mulai agak gue pelanin karena udah tenang gue mencoba menoleh lagi, kali ini kearah tebingan curam itu. Gelap, dan hanya ada satu lampu jalan seadanya.
Lama gue ngeliat kearah tebingan itu, dan tiba – tiba mata gue seolah dipaksa fokus ke ujung tebing itu. Tepat didekat tiang lampu jalan dibawah tebing itu gue ngeliat sebuah sosok yang sangat besar. Sosok itu seperti menggunakan sebuah jubah hitam yang melayang tertiup angin.
Gue shock, mat ague tetep terfokus ke sosok besar menyeramkan itu. Walaupun mukanya tidak tampak tapi dengan badan sebesar itu gue gak mau tau itu apa. Nafas gue mulai gak beraturan dan kacau, keringat perlahan mengalir, dan gak tau kenapa kaki gue berat banget baut lari ninggalin tempat itu. Seolah gue ditahan buat terus ngeliat kesana. Gue paksa tapi seolah gakbisa, dan gue ngerasa seolah sosok yang besar itu perlahan bergerak.

Gue masih nyoba buat gerakin kaki gue, kali ini gue berhasil. Gue lari sekencang – kencangnya dari tempat itu. Ngantuk yang tadi membuat gue sangat pelan berjalan dan sangat lemah tidak lagi gue hiraukan dan hilang begitu saja. Gue masih lari sangat kencang dan gue ngerasa udah cukup jauh dari tempat itu.

Dengan nafas yang belom teratur gue mencoba nelpon temen – temen gue, seengaknya gue ada temen buat nenangin diri gue walaupun cuma suara.

“Brooo, tolong gue bro..Gede banget gue ngeliat” omongan gue kacau karena nafas gue belom teratur.
“Kenapa Ndher? Lo gakpapa ?” temen gue nanya dengan nada serius
“Pokoknya jangan matiin telpon gue, temenin gue dulu” gue mulai ngatur nafas gue.
“emang ada apaan sih ?” temen gue sedikit kesal
Gue gak bilang dulu ke mereka karena gue masih beneran takut buat ngebahas itu. Jadinya gue cuma diem aja dan terus jalan. Sampai akhirnya gue ketemu masjid, dan pas saja waktu sholat subuh datang.

Gue ke masjid dan sholat dulu, sekalian gue mau nenangin diri gue dulu.
Setelah gue ngerasa cukup tenang, gue lanjut lagi, dan untungnya sekarang jalanan udah gak terlalu sepi lagi. Udah ada beberapa kendaraan lewat.

Gak berapa lama kemudian gue sampe di terminal dan gabung sama 2 temen gue yang udah nunggu dari tadi.
“Eh tadi itu kenapa sih ? kayak gugup banget. Dikejer setan ya ?” sambil ketawa – ketawa mereka nanya
Gue ceritain ke mereka, dan mereka cuma tertawa dan bilangin gue cuma takut aja karena kebawa suasana gelap. Tapi gue tetep nyoba buat yakinin mereka walaupun mereka cuma percaya sedikit sama gue.
Setelah cerita – cerita bus pun datang dan kami berangkat ke Palembang.

Sampe pulang dari Palembang pun gue penasaran sama apa yang gue liat ditebing itu. Pas sore hari gue coba lewatin jalan itu dan ngeliat kearah tebing curam deket sekolah itu. Gue masih ngerasain merinding, walaupun gak ada apa – apa lagi disitu.

***


Saya tantang A.H. Igama, penulis Bisikan Kotak Musik untuk membuat foto yang lebih menakutkan dari ini.

3 komentar:

  1. Apa ya itu? Genderuwo nggak sih? Tapi kok pake jubah hitam...? Seremmm... :3
    Tunggu ceritaku juga ya kak nanti tanggal 19 September.

    BalasHapus
  2. Serem lah fotonya. sial. itu mahluk apa sih? :O

    BalasHapus

Kalo udah puas bacanya silahkan berkomentar. Satu komentarmu itu sama dengan ribuan bahkan jutaan semangat AndherlyanRW menggelinjang buat nulis dan update blog ini ~

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...